Object adalah konsep dasar dalam bahasa pemrograman Java yang bersifat OOP (Oriented Object Programming). Object merupakan representasi nyata dari suatu entitas yang memiliki atribut (properti) dan behavior (aksi yang dapat dilakukan). Atribut object merupakan data yang disimpan di dalam object, sedangkan behavior object merupakan aksi yang dapat dilakukan oleh object tersebut.
Contoh sederhana menggunakan object adalah sebagai berikut:
Di sini, class Mobil merupakan sebuah object yang memiliki atribut merk, warna, dan tahunProduksi, serta behavior jalankan dan berhenti. Object dapat dibuat dari class dengan cara menggunakan keyword "new", seperti berikut:
Setelah object dibuat, atribut object dapat diubah dengan menggunakan operator titik (.), dan behavior object dapat dijalankan dengan menambahkan tanda kurung siku setelah nama behavior, seperti berikut:
Itulah pengertian object pada Java. Object merupakan konsep yang sangat penting dalam pemrograman Java karena memudahkan pengembangan aplikasi yang modular dan scalable.
Contoh sederhana menggunakan object adalah sebagai berikut:
class Mobil {
// Atribut
String merk;
String warna;
int tahunProduksi;
// Behavior
void jalankan() {
System.out.println("Mobil sedang berjalan");
}
void berhenti() {
System.out.println("Mobil berhenti");
}
}
Di sini, class Mobil merupakan sebuah object yang memiliki atribut merk, warna, dan tahunProduksi, serta behavior jalankan dan berhenti. Object dapat dibuat dari class dengan cara menggunakan keyword "new", seperti berikut:
Mobil mobilSaya = new Mobil();
Setelah object dibuat, atribut object dapat diubah dengan menggunakan operator titik (.), dan behavior object dapat dijalankan dengan menambahkan tanda kurung siku setelah nama behavior, seperti berikut:
mobilSaya.merk = "Toyota";
mobilSaya.warna = "Merah";
mobilSaya.tahunProduksi = 2019;
mobilSaya.jalankan();
mobilSaya.berhenti();
Itulah pengertian object pada Java. Object merupakan konsep yang sangat penting dalam pemrograman Java karena memudahkan pengembangan aplikasi yang modular dan scalable.
Berikut contoh dalam satu class :
class Mobil {
// Atribut
String merk;
String warna;
int tahunProduksi;
// Behavior
void jalankan() {
System.out.println("Mobil sedang berjalan");
}
void berhenti() {
System.out.println("Mobil berhenti");
}
}
class Main {
public static void main(String[] args) {
// Membuat object mobil pertama
Mobil mobil1 = new Mobil();
// Mengisi atribut mobil pertama
mobil1.merk = "Toyota";
mobil1.warna = "Merah";
mobil1.tahunProduksi = 2019;
// Memanggil behavior jalankan pada object mobil pertama
mobil1.jalankan();
// Membuat object mobil kedua
Mobil mobil2 = new Mobil();
// Mengisi atribut mobil kedua
mobil2.merk = "Honda";
mobil2.warna = "Biru";
mobil2.tahunProduksi = 2020;
// Memanggil behavior jalankan pada object mobil kedua
mobil2.jalankan();
}
}
0 komentar:
Post a Comment