Wednesday, January 4, 2023

Apa itu OOP (Object Oriented Programming)?

OOP (Oriented Object Programming) adalah paradigma pemrograman yang menekankan pada konsep object. OOP merupakan salah satu cara untuk memecah masalah yang banyak digunakan dalam pemrograman modern, termasuk dalam bahasa pemrograman Java.

Konsep object dalam OOP didasarkan pada konsep object dalam dunia nyata. Setiap object memiliki atribut (properti) dan behavior (aksi yang dapat dilakukan). Atribut object merupakan data yang disimpan di dalam object, sedangkan behavior object merupakan aksi yang dapat dilakukan oleh object tersebut.

Contoh sederhana menggunakan object adalah sebagai berikut:

class Mobil {
  // Atribut
  String merk;
  String warna;
  int tahunProduksi;

  // Behavior
  void jalankan() {
    System.out.println("Mobil sedang berjalan");
  }

  void berhenti() {
    System.out.println("Mobil berhenti");
  }
}
Di sini, class Mobil merupakan sebuah object yang memiliki atribut merk, warna, dan tahunProduksi.
Object dapat saling terhubung dengan masing-masing object lainnya melalui relasi yang disebut dengan inheritance. Inheritance adalah konsep dimana sebuah class dapat "menurunkan" atribut dan behavior-nya kepada class lain yang disebut dengan child class. Child class tersebut dapat mewarisi atribut dan behavior dari parent class-nya tanpa perlu menuliskannya kembali, sehingga memudahkan dalam proses pembuatan class baru yang memiliki kesamaan dengan class yang sudah ada.

Contoh penggunaan inheritance adalah sebagai berikut:
class Kendaraan {
  // Atribut
  String merk;
  String warna;
  int tahunProduksi;

  // Behavior
  void jalankan() {
    System.out.println("Kendaraan sedang berjalan");
  }

  void berhenti() {
    System.out.println("Kendaraan berhenti");
  }
}

class Mobil extends Kendaraan {
  // Atribut tambahan
  int jumlahRoda;

  // Behavior tambahan
  void ngebut() {
    System.out.println("Mobil sedang ngebut");
  }
}
Di sini, class Mobil mewarisi atribut merk, warna, dan tahunProduksi serta behavior jalankan dan berhenti dari parent class-nya yaitu Kendaraan. Selain itu, class Mobil juga memiliki atribut tambahan yaitu jumlahRoda serta behavior tambahan yaitu ngebut. Dengan menggunakan inheritance, proses pembuatan class Mobil menjadi lebih mudah karena tidak perlu menuliskan kembali atribut dan behavior yang sudah ada pada class Kendaraan.

Itulah penjelasan mengenai OOP dan mengapa OOP penting dalam pemrograman. OOP memudahkan dalam pembuatan aplikasi yang modular, scalable, dan mudah dipelihara dengan menggunakan konsep object dan inheritance. Bahasa pemrograman Java merupakan salah satu bahasa yang kuat dalam mendukung OOP, sehingga banyak developer yang memilih Java sebagai bahasa utama dalam pengembangan aplikasi.

0 komentar:

Post a Comment