Tuesday, May 27, 2014

Prinsip atau aspek yang di perhatikan untuk analisa kredit


Dikutip dari Lukman Dendawijaya dalam bukunya Manajemen Perbankan (2001:92) Dasar-dasar perbankan, analisis kredit atau penilaian kredit adalah suatu proses yang dimaksudkan untuk menganalisis atau menilai suatu permohonan kredit yang diajukan oleh calon debitur kredit sehingga dapat memberikan keyakinan kepada pihak bank bahwa proyek yang akan dibiayai dengan kredit bank cukup layak (Feasible).

            Dengan adanya analisis kredit ini dapat dicegah secara dini kemungkinan terjadinya defaul atau kegagalan nasabah dalam memenuhi kewajibannya.

      Analisis kredit, Menurut Kasmir, dalam bukunya Dasar-Dasar Perbankan (2002:117) Dasar-dasar perbankan, Berdasarkan prinsip 5C :



1.     Character
2.     Capital
3.     Capacity
4.     Collateral
5.     Condition of economy

 Selanjutnya penilaian suatu kredit dapat pula dilakukan dengan analisis 7 P kredit dengan unsur penilaian sebagi berikut:

a. Personaliti, yaitu menganalisa bagaimana kepribadian sicalon debitur.
b. Party, yaitu mecoba menggolongkan sicalon debitur ke dalam kelompok tertentu menurut prinsip 5C.
c. Purpose, yaitu mencari tahu kredit yang diajukan oleh sicalon debitur akan dipergunakan untuk tujuan apa.
d. Prospec, yaitu usaha nasabah apakah diyakinkan bahwa masa depan akan cerah
e. Payment, yaitu mengukur kemampuan sicalon debitur untuk membayar kembali kreditnya, sekaligus juga dapat ditentukan cara pembayaran dan jangka waktu pengembalian kredit tersebut.
f.  Profability yaitu bukan hanya menghitung keuntungan yang akan dicapai oleh calon debitur, tetapi juga menghitung seberapa besar keuntungan yang mungkin dicapai oleh bank jika memberikan kredit kepada debitur tertentu, dibandingkan dengan debitur yang lain atau kalau tidak memberikan kredit sama sekali.
g. Protection, yaitu permintaan perlindungan kepada calon debitur atas kredit yang akan diberikan. Perlindungan atas kredit tersebut dapat berupa jaminan atau pengasuransian kredit.

            Dalam aspek perkreditan 7P menduduki posisi yang penting, terutama karena fungsinnya sebagai pengamanan kredit.


2 comments:

  1. Apakah Anda dalam setiap kesulitan keuangan? Apakah Anda perlu
    pinjaman untuk memulai bisnis atau untuk membayar tagihan Anda? Kami meminjamkan pinjaman kepada perusahaan lokal, internasional dan juga pada tingkat yang sangat rendah 2%.
    Kami memberikan pinjaman kepada orang yang membutuhkan bantuan.
    Terapkan Sekarang Via Email: kellywoodloanfirm@gmail.com
    Terima kasih dan memberkati Allah
    Ibu Kelly

    ReplyDelete
  2. KESAKSIAN BAGAIMANA SAYA MENDAPATKAN PINJAMAN SAYA DARI PERUSAHAAN PINJAMAN DAN TERPERCAYA. Saya bernama Theresia Widiyasari dan saya tinggal di Australia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar berhati-hati karena ada penipu di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang secara finansial, dan karena keputusasaan saya, saya dibohongi oleh beberapa pemberi pinjaman online dengan nilai Rp75.890.000. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke perusahaan pemberi pinjaman yang sangat andal bernama DONNAHALL FUNDING LLC yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp950.000.000 dalam 24 Jam tanpa tekanan. Jika Anda membutuhkan pinjaman apa pun, cukup hubungi mereka sekarang melalui email: (donnahallfundingllc@gmail.com). Saya menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman karena saya melewati di tangan para pemberi pinjaman palsu.
    Jika Anda memiliki pertanyaan, hubungi saya: {theresiawidiyasari@gmail.com}

    ReplyDelete