Saturday, September 7, 2013

Cara Sampaikan Kritikan yang Benar Kepada Rekan Kerja


Bosan selalu mendapat kritikan dari atasan atau bahkan rekan kerja? Boleh saja Anda berganti untuk mengeritik mereka, tapi karena memang ada yang perlu dikritik dan pastikan Anda menyampaikan dengan cara tepat.

bagaimana menyampaikan kritik kepada rekan kerja



  1. 1. Pikir matang
    Sebelum menyampaikan keluhan atau kritik pada rekan kerja, pikirkan kembali apakah akan berpengaruh pada situasi kerja tim. Sebaiknya, pastikan rekan kerja lain punya pemikiran sama dengan Anda.
  2. 2. Diplomatis
    Jangan pernah mengkritik dengan kesan memojokkan atau menyalahkan orang tersebut. Jika Anda berada di posisinya, tentu merasa tidak nyaman kan? Pastikan menyampaikan kritik dengan singkat dan mudah dipahami. Jangan bertele-tele, apalagi berpanjang lebar karena akan membuat emosinya kian bertumpuk.
  3. 3. Siapkan solusi
    Jangan asal memberi kritik, ada baiknya Anda juga memberikan saran sebagai solusi. Cara ini bisa meminimalisasi rasa kesal rekan kerja yang Anda kritik. Tidak mau kan rekan kerja melabel Anda sebagai si tukang mengeluh?
  4. 4. Bicara dan dengarkan
    Setiap memberi kritik, beri waktu kepada lawan bicara untuk menyampaikan pendapat dan tanggapan mereka. Ingat, kritik bukanlah sarana untuk membuat citra seseorang menjadi buruk.
  5. 5. Pilih waktu tepat
    Bagaimanapun kritik adalah hal yang sensitif. Karena itu, usahakan cari waktu yang tepat untuk menyampaikan kritik Anda. Lihat dulu suasana hatinya, apakah sedang mendung atau cerah. Suasana hati yang cerah akan memudahkan rekan kerja Anda dalam menerima kritik. Selain itu, hindari melontarkan kritik di depan umum.

    sumber : http://www.chicmagz.com/

0 komentar:

Post a Comment