Tuesday, April 17, 2012

Contoh dan Pengertian Interface Java

Interface adalah jenis khusus dari blok yang hanya berisi method signature(atau constant ). Interface mendefinisikan sebuah(signature) dari sebuah kumpulan method tanpa tubuh. Interface mendefinisikan sebuah cara standar dan umum dalam menetapkan sifat-sifat dari class-class. Mereka menyediakan class-class, tanpa memperhatikan lokasinya dalam hirarki class, untuk mengimplementasikan sifat-sifat yang umum. Dengan catatan bahwa interface- interface juga menunjukkan polimorfisme, dikarenakan program dapat memanggil method interface dan versi yang tepat dari method yang akan dieksekusi tergantung dari tipe object yang melewati pemanggil method interface.

Kenapa Kita Memakai Interface?
Kita akan menggunakan interface jika kita ingin class yang tidak berhubungan mengimplementasikan method yang sama. Melalui interface-interface, kita dapat menangkap kemiripan diantara class yang tidak berhubungan tanpa membuatnya seolah-olah class yang berhubungan.
Relasi interface dapat dideklarasikan sebagai,

public interface Relation

{

public boolean isGreater( Object a, Object b);

public boolean isLess( Object a, Object b);

public boolean isEqual( Object a, Object b);

}

Alasan lain dalam menggunakan interface pemrograman object adalah untuk menyatakan sebuah interface pemrograman object tanpa menyatakan classnya. Seperti yang dapat kita lihat nanti dalam bagian Interface vs class, kita dapat benar-benar menggunakan interface sebagai tipe data.
Sebagai contoh dibawah ini merupakan diagram yang menunjukkan suatu hubungan dari pada class interface dengan subclass atau class yang mengimplementasikan class interface tersebut.
Penjelasan diagram : 
  • project 1 merupakan class utama.
  • project 2 merupakan class interface
  • project 3 dan 4 merupakan class yang mengimplementasikan class interface yang berada di atasnya.


0 komentar:

Post a Comment